Skip to main content

Apa Salah Ketika Terlahir Miskin?


Tulisan kali ini mungkin terdengar kurang menyenangkan. Tentunya gue memiliki alasan kenapa mengangkat tema ini, salah satunya adalah gue bersimpati dengan anak dari keluarga miskin yang akhirnya berpasrah diri menerima kemiskinan sampai ia beranjak dewasa.

Miskin, satu kata yang mendefinisikan bagaimana sulitnya hidup saat ada di posisi tersebut. Mari kita samakan pendapat terlebih dahulu arti dari miskin ini. Menurut gue miskin itu adalah saat seseorang tidak memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Mengapa seseorang bisa miskin? Apakah memang sudah takdirnya seseorang itu miskin? Apa salah jika terlahir dari keluarga miskin? Gue mau menuangkan pemikiran mengenai hal ini.
gambar: homeless
Menurut gue pribadi, seseorang pada dasarnya memiliki semua yang dibutuhkan saat lahir ke dunia. Bersyukurlah kalian yang dilahirkan sempurna, karena banyak diluar sana yang berjuang untuk hidup meski memiliki kekurangan fisik. Lalu mengapa seseorang bisa mengalami kemiskinan?

Gue memang bukan orang yang kompeten untuk memberikan pendapat mengenai hal ini, tapi pandangan gue mengapa seseorang mengalami kemiskinan adalah karena orang tersebut tidak memanfaatkan apa yang sudah diberikan kepadanya. Mungkin saja dia pernah mendapatkan kesempatan untuk menjalankan suatu usaha atau tawaran kerja.

Tetapi karena banyak pertimbangan akhirnya kesempatan itu dilewati begitu saja. Dan sayangnya, fenomena itu banyak kita temui. Berapa banyak orang yang menolak pekerjaan karena merasa gajinya tidak sesuai atau posisi yang ditawarkan tidak menjanjikan jenjang karir.

Lalu apakah miskin itu merupakan takdir? Big NO, kita semua memiliki kesempatan yang sama untuk merubah nasib. Kalau kalian bilang itu adalah nasib kalian menjadi miskin, lantas bagaimana dengan orang sukses diluar sana? Gue bisa bilang 90% dari orang sukses yang ada saat ini mereka pun berjuang dari bawah. Mereka sadar betul apa itu arti kemiskinan, namun mereka tidak berpasrah diri.

Sebut saja alm. Bob Sadino, Chairul Tanjung, Deddy Corbuzier, Bill Gates. Nama-nama besar tersebut adalah orang sukses di bidangnya masing-masing. Lantas apa mereka semua bermula dari orang berkecukupan? TIDAK, mereka semua berjuang untuk merubah nasib sampai akhirnya berada di puncak kesuksesan.

Lalu apa mereka selalu mengeluh karena kemiskinan tersebut? Mereka berjuang keras untuk lepas dari ketidakmampuan tersebut. Jika mereka bisa, maka kita pun punya kesempatan yang sama. Jangan mengeluh, lakukan apa yang kalian bisa. Jangan banyak pertimbangan, nikmati setiap proses kegagalan yang kalian temui dan belajar dari kegagalan itu.

Tidak masalah jika kita terlahir dari keluarga miskin, berusahalah lebih keras dari orang lain. Sampai kalian mencapai kesuksesan yang didambakan banyak orang. Karena apa yang kalian lakukan saat ini akan menentukan akan jadi apa kalian dimasa depan.

Untuk menutup tulisan ini, gue ingin mengutip kalimat dari Founder Microsoft Bill Gates "Terlahir miskin, itu bukan salah kamu. Tetapi mati dalam keadaan miskin itu sudah pasti salah kamu." Semoga kita semua diberikan kemudahan untuk merubah nasib ya bro/sis. Sukses selalu!!!

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Diskusi Menjadi Penting Saat Menentukan Pilihan?

gambar: diskusi Jika kalian saat ini sedang bekerja, kuliah atau aktif di suatu komunitas. Pastinya tidak asing dengan yang namanya 'Diskusi'. Kegiatan yang dilakukan untuk mencari jawaban dari suatu permasalahan. Pastinya setiap keputusan yang diambil dalam suatu organisasi tidak jauh dari hasil diskusi bersama, karena diharapkan keputusan tersebut dapat disetujui bersama dan tidak ada yang merasa keberatan atas hal tersebut. Berikut alasan mengapa diskusi itu penting untuk menentukan pilihan: 1. Ajang saling tukar pikiran gambar: tukar pikiran Tentunya ini adalah alasan utama diadakannya diskusi. Untuk menentukan pilihan terbaik, tentunya baik dilakukan jika semua orang yang terlibat memberikan suaranya. Jadi setiap keputusan yang dipilih adalah hasil dari suara setiap orang yang terlibat. 2. Menemukan ide terbaik gambar: ide terbaik Disaat tukar pikiran dilakukan, maka kemungkinan besar ide terbaik didapatkan. Hasil dari kurasi ide tersebut bisa kalian rembukan untuk menghas

Ide Bisa Datang Seketika!!!

gambar: ide Halooo, balik lagi di Phartikel. Siapa nih yang lagi kesulitan mikirin ide? Entah untuk skripsi, kerjaan atau usaha. Pastinya ide cemerlang itu bisa datang seketika. Mungkin ada yang lagi berdiam diri tiba-tiba dapet ide, atau lagi berkendara lalu si ide mendadak muncul. Atau bahkan lagi bengong tiba-tiba kesambet, eh dapet ide maksudnya hehe. Ngomongin soal ide, memang hal yang menarik untuk kita diskusikan. Gak sedikit ide-ide cemerlang datangnya dari hal yang absurd . Dan gue yakin kita semua sepakat, toilet adalah tempat dimana ide-ide brilian itu datang. Itu adalah momen yang sangat syahdu ketika kita di toilet dan mendadak ada aja gitu ide bermunculan. gambar: sumber ide Gue senang memikirkan berbagai ide untuk dijalankan, dan buat gue berkendara adalah momen paling enak untuk memikirkan ide. Bahkan sering banget gue gabut keluar sekedar untuk mendapatkan ide, baik itu untuk kerjaan atau tulisan gue ini. Memikirkan ide memang hal yang menyenangkan, dan menurut gue set

Tips Agar Tidak Ketiduran Saat Naik Kereta

gambar: feel like a boss Buat kalian yang pergi dan pulang kerja naik kereta atau KRL, pasti punya pengalaman setidaknya satu kali pernah ketiduran dan kelewatan dari stasiun tujuan. Gue yakin banget pasti pernah, karena gue sendiri cukup sering kelewatan stasiun tujuan hahaha. Kalau masih jam normal operasional mah enak ya, kelewat masih bisa naik kereta balik. Nah kalau udah jam-jam kritis seperti jam 9 malam gimana hayo? Bisa nginep di stasiun kalian hehe. Disini gue mau berbagi tips agar gak ketiduran nih bro/sis, pantau terus ya. 1. Baca Artikel gambar: baca artikel Buat kalian yang hobi baca, daripada diam saja menunggu stasiun tujuan. Gak ada salahnya sambil membaca artikel, kan banyak banget tuh pilihannya. Mau sport , lifestyle , otomotif dan genre lainnya. Seiring kalian membaca, gak akan terasa stasiun tujuan sudah dekat. 2. Main Games gambar: main games Ini juga kegiatan yang asik dilakukan saat naik krl. Gak akan terasa apabila kalian sambil bermain games , dan pastinya me