Skip to main content

Sisi Kemanusiaan Yang Kian Menghilang


Di era modern saat ini, kita dihadapkan oleh kenyataan bahwa teknologi bisa menggantikan peran manusia dalam berbagai hal. Bahkan hampir disemua bidang, teknologi sudah dapat melakukan semua tugas manusia. Sebut saja contoh seperti pabrik makanan, pakaian, obat-obatan dan bidang lainnya. Di jalan tol pun kita sudah tidak menemui adanya petugas di gerbang tol. Sungguh perkembangan zaman yang luar biasa.

Tentunya ada banyak sekali bidang yang belum disebut disini. Dengan berbagai kemajuan yang ada, gue merasa ada kejanggalan di satu hal. Enah hanya gue yang merasakan hal ini atau kalian pun juga. Benar gak sih, makin kesini manusia itu mengalami kemunduran dalam sisi kemanusiaan?
Gue mau ambil contoh spesifiknya di dunia internet. Coba kita lihat fakta diluar sana, ada berapa banyak orang yang bisa saling baku hantam hanya karena perdebatan melalui internet. Lalu ada berapa banyak kasus perselingkuhan yang diawali perkenalan melalui internet, yang lebih seramnya lagi bahkan orang-orang yang sudah menikah pun bisa terlibat disini.

Diatas itu semua, coba kita lihat ada berapa kasus bunuh diri yang setelah ditelusuri sebabnya karena tidak tahan dengan cuitan di internet. Apa itu semua disebabkan karena perkembangan teknologi yang begitu cepatnya? Atau karena memang sifat asli manusia adalah seperti itu? Suka memperbincangkan hal-hal yang bisa menyebabkan perpecahan?
gambar: gossip
Entahlah, gue gak kompeten untuk menjawab dengan benar pertanyaan tersebut. Tapi gue memiliki sudut pandang sendiri dengan kondisi ini. Gue gak merasa ini semua disebabkan semata-mata oleh perkembangan teknologi. Iya gue sadar bahwa teknologi itu berkembang sangat cepat, sangat banyak hal yang dapat terpenuhi dengan bantuan teknologi.

Namun, menurut gue segala permasalahan yang ada itu disebabkan tidak lain oleh manusia itu sendiri. Gue merasa kita mengalami kemunduran dari yang namanya saling menghargai, menghormati yang lebih tua, rasa kasih sayang terhadap semua orang. Gue merasa kita mulai kehilangan rasa itu. Banyak orang yang sudah tidak peduli dengan cuitan kasar yang ditulisnya, tanpa memperhatikan perasaan orang yang ditulisnya dalam cuitan tersebut.

Banyak orang yang dengan bebasnya mengumbar kemesraan yang tidak sepantasnya. Banyak orang yang karena bebasnya berpendapat, berani untuk melakukan bullying kepada mereka yang dianggap salah. Tanpa memperhatikan apa permasalahannya, tentunya masih banyak kasus yang lain.

Yang gak habis gue pikir kenapa orang bisa sejahat itu, apakah karena ia merasa tidak akan terjadi hal buruk disaat berkata kasar kepada orang lain? Atau ia merasa bebas untuk berkata kasar karena sadar tidak akan bertemu dengan orang yang dihinanya? Atau karena alasan lainnya?

Buat gue itu semua sangat tidak masuk akal, dimana letak kemanusiaannya jika semua itu dilakukan oleh semua orang. Apa sudah tidak berguna lagi diskusi sehat untuk mencari jalan keluar? Apa semua hal bisa dihakimi hanya berdasarkan apa yang kita lihat di internet? Lalu apa bedanya kita dengan robot? Bahkan robot saja selalu melakukan analisa mendalam untuk menyatakan suatu keputusan!

Hal itu tentu saja sangat mengerikan, apabila semua orang tidak saling menjaga. Ayolah, jangan sampai rasa kemanusiaan itu hilang. Akan jadi apa kita apabila hal yang mendasar itu kita hilangkan. Memang saat ini kebebasan berpendapat itu bisa kalian lakukan di media. Tapi cobalah untuk lebih bertanggung jawab dengan apa yang kalian katakan.

Sekian tulisan gue kali ini, gue yakin kita semua bisa menjadi pribadi yang terbaik. Semoga kalian semua yang saat ini sedang ada masalah dimudahkan jalan keluarnya ya. Gue berharap kita semua bisa kembali saling mendukung satu sama lain, jangan sampai rasa kemanusiaan kita menghilang ya bro/sis.

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Diskusi Menjadi Penting Saat Menentukan Pilihan?

gambar: diskusi Jika kalian saat ini sedang bekerja, kuliah atau aktif di suatu komunitas. Pastinya tidak asing dengan yang namanya 'Diskusi'. Kegiatan yang dilakukan untuk mencari jawaban dari suatu permasalahan. Pastinya setiap keputusan yang diambil dalam suatu organisasi tidak jauh dari hasil diskusi bersama, karena diharapkan keputusan tersebut dapat disetujui bersama dan tidak ada yang merasa keberatan atas hal tersebut. Berikut alasan mengapa diskusi itu penting untuk menentukan pilihan: 1. Ajang saling tukar pikiran gambar: tukar pikiran Tentunya ini adalah alasan utama diadakannya diskusi. Untuk menentukan pilihan terbaik, tentunya baik dilakukan jika semua orang yang terlibat memberikan suaranya. Jadi setiap keputusan yang dipilih adalah hasil dari suara setiap orang yang terlibat. 2. Menemukan ide terbaik gambar: ide terbaik Disaat tukar pikiran dilakukan, maka kemungkinan besar ide terbaik didapatkan. Hasil dari kurasi ide tersebut bisa kalian rembukan untuk menghas

Ide Bisa Datang Seketika!!!

gambar: ide Halooo, balik lagi di Phartikel. Siapa nih yang lagi kesulitan mikirin ide? Entah untuk skripsi, kerjaan atau usaha. Pastinya ide cemerlang itu bisa datang seketika. Mungkin ada yang lagi berdiam diri tiba-tiba dapet ide, atau lagi berkendara lalu si ide mendadak muncul. Atau bahkan lagi bengong tiba-tiba kesambet, eh dapet ide maksudnya hehe. Ngomongin soal ide, memang hal yang menarik untuk kita diskusikan. Gak sedikit ide-ide cemerlang datangnya dari hal yang absurd . Dan gue yakin kita semua sepakat, toilet adalah tempat dimana ide-ide brilian itu datang. Itu adalah momen yang sangat syahdu ketika kita di toilet dan mendadak ada aja gitu ide bermunculan. gambar: sumber ide Gue senang memikirkan berbagai ide untuk dijalankan, dan buat gue berkendara adalah momen paling enak untuk memikirkan ide. Bahkan sering banget gue gabut keluar sekedar untuk mendapatkan ide, baik itu untuk kerjaan atau tulisan gue ini. Memikirkan ide memang hal yang menyenangkan, dan menurut gue set

Tips Agar Tidak Ketiduran Saat Naik Kereta

gambar: feel like a boss Buat kalian yang pergi dan pulang kerja naik kereta atau KRL, pasti punya pengalaman setidaknya satu kali pernah ketiduran dan kelewatan dari stasiun tujuan. Gue yakin banget pasti pernah, karena gue sendiri cukup sering kelewatan stasiun tujuan hahaha. Kalau masih jam normal operasional mah enak ya, kelewat masih bisa naik kereta balik. Nah kalau udah jam-jam kritis seperti jam 9 malam gimana hayo? Bisa nginep di stasiun kalian hehe. Disini gue mau berbagi tips agar gak ketiduran nih bro/sis, pantau terus ya. 1. Baca Artikel gambar: baca artikel Buat kalian yang hobi baca, daripada diam saja menunggu stasiun tujuan. Gak ada salahnya sambil membaca artikel, kan banyak banget tuh pilihannya. Mau sport , lifestyle , otomotif dan genre lainnya. Seiring kalian membaca, gak akan terasa stasiun tujuan sudah dekat. 2. Main Games gambar: main games Ini juga kegiatan yang asik dilakukan saat naik krl. Gak akan terasa apabila kalian sambil bermain games , dan pastinya me