Skip to main content

Sering Kena Deadline Dari Atasan? Buat Skala Prioritasmu!!!

Dunia kerja gak jauh dari yang namanya deadline. Selagi kalian masih dalam tahap belajar, maka jangan kaget kalo sering denger "ini dulu dong, itu dulu dong, urgent nih". Gimana nih dengan bro/sis yang pastinya mengawali karir sebagai fresh graduate?

Halo bro/sis semua, kembali lagi di Phartikel. Tulisan kali ini gue buat untuk berbagi pandangan dalam dunia kerja. Disini pastinya udah banyak bro/sis yang jadi profesional kerja ya, kalian pasti udah menyelami berbagai macam kendala saat bekerja dan kendala-kendala tersebut dapat kalian atasi dengan baik, iya kan?

Selagi kita menjadi pekerja kantoran, pastinya deadline adalah hal yang lumrah iya gak bro/sis? Terus kalo kalian dapet deadline kira-kira apa yang kalian lakukan agar kerjaan itu bisa selesai tepat waktu? Pastinya kalian punya metode masing-masing yang akhirnya bisa menyelesaikan tugas tersebut, kalo gue sendiri biasanya selalu buat skala prioritas dalam bekerja.

Apaan itu skala prioritas? Definisinya menurut gue adalah disaat kalian mendapatkan beberapa tugas, maka kalian harus bisa memastikan mana yang seharusnya selesai dalam waktu dekat. Pastinya setiap kerjaan harus kita selesaikan segera mungkin, tapi udah jelas bahwa ada beberapa kerjaan yang harus kalian dahulukan. Misal atasan kalian mau meeting dan kalian diminta untuk membuat presentasi sederhana, pastinya kalian harus mendahulukan presentasi tersebut.

Bukan berarti kalian meninggalkan list pekerjaan yang udah dibuat sebelumnya, tetapi kadang ada pekerjaan dadakan dimana kita harus sigap setiap saat. Jadi skala prioritas itu kita buat untuk memudahkan memilah mana yang harus kita dahulukan dan mana yang bisa kita tunda sementara waktu. Jadi kalian jangan khawatir gak bisa selesaikan deadline selama bisa memilah urgensi dari setiap kerjaan tersebut.

Pengalaman gue sendiri pernah dihadapkan dengan beberapa pekerjaan yang sifatnya harus di prioritaskan. Dalam satu waktu gue harus menyelesaikan laporan BPJS untuk payroll, membuat iklan lowongan kerja untuk tim rekrutmen, memproses payroll saat periode cut-off. Itu semua harus gue selesaikan sebelum jam makan siang, bikin kepala pusing tujuh keliling gak tuh.

Tapi gue selalu mengurutkan mana kerjaan yang membutuhkan konsentrasi khusus dan mana yang bisa gue bawa santai pekerjaannya. Jadi walaupun gue diberikan deadline yang menyeramkan itu, gue masih bisa mengatur waktu dengan baik sehingga semua deadline tersebut terselesaikan. Gue kerjakan dulu laporan BPJS dan proses payroll karena itu berhubungan dengan gaji karyawan sehingga butuh konsentrasi penuh saat pengerjaannya.

Barulah gue menggarap iklan lowongan kerja karena dari segi bobot pekerjaan itu gak terlalu sulit. Itulah kenapa membuat skala prioritas itu penting dalam bekerja. Karena itu memudahkan kalian dalam menyelesaikan setiap pekerjaan dengan baik dan kalian bisa menyelesaikan deadline dari atasan dengan mulus.

Mungkin penerapannya agak sulit, tetapi kalo kalian udah terbiasa dengan skala prioritas tersebut dijamin deh pekerjaan kalian akan lebih efisien. Dan syukur-syukur itu jadi penilaian yang dilihat oleh atasan kalian. Jadi kalian bisa segera dapet benefit lebih deh misal dinaikin gaji gitu, mantap kan.

Intinya sih kalian harus bijak dalam memanfaatkan waktu dalam bekerja. Jadikan hasil kerja kalian sebaik mungkin, gak jarang atasan yang melihat anak buahnya bekerja dengan baik lalu mempromosikannya loh bro/sis. Selalu efisien dalam bekerja, juga jangan lupa rehat kalo kalian udah terlalu pusing ya.

Sekian tulisan gue kali ini, buat bro/sis yang saat ini sedang bekerja semangat selalu ya. Atur waktu kalian sebaik mungkin dalam bekerja, jadi kalian bisa menyediakan waktu lebih untuk keluarga dirumah. Selalu berdoa dan berusaha semaksimal mungkin dalam setiap pekerjaan, agar rezeki selalu menghampiri kalian. Salam Phartikel!!!


Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Diskusi Menjadi Penting Saat Menentukan Pilihan?

gambar: diskusi Jika kalian saat ini sedang bekerja, kuliah atau aktif di suatu komunitas. Pastinya tidak asing dengan yang namanya 'Diskusi'. Kegiatan yang dilakukan untuk mencari jawaban dari suatu permasalahan. Pastinya setiap keputusan yang diambil dalam suatu organisasi tidak jauh dari hasil diskusi bersama, karena diharapkan keputusan tersebut dapat disetujui bersama dan tidak ada yang merasa keberatan atas hal tersebut. Berikut alasan mengapa diskusi itu penting untuk menentukan pilihan: 1. Ajang saling tukar pikiran gambar: tukar pikiran Tentunya ini adalah alasan utama diadakannya diskusi. Untuk menentukan pilihan terbaik, tentunya baik dilakukan jika semua orang yang terlibat memberikan suaranya. Jadi setiap keputusan yang dipilih adalah hasil dari suara setiap orang yang terlibat. 2. Menemukan ide terbaik gambar: ide terbaik Disaat tukar pikiran dilakukan, maka kemungkinan besar ide terbaik didapatkan. Hasil dari kurasi ide tersebut bisa kalian rembukan untuk menghas

Ide Bisa Datang Seketika!!!

gambar: ide Halooo, balik lagi di Phartikel. Siapa nih yang lagi kesulitan mikirin ide? Entah untuk skripsi, kerjaan atau usaha. Pastinya ide cemerlang itu bisa datang seketika. Mungkin ada yang lagi berdiam diri tiba-tiba dapet ide, atau lagi berkendara lalu si ide mendadak muncul. Atau bahkan lagi bengong tiba-tiba kesambet, eh dapet ide maksudnya hehe. Ngomongin soal ide, memang hal yang menarik untuk kita diskusikan. Gak sedikit ide-ide cemerlang datangnya dari hal yang absurd . Dan gue yakin kita semua sepakat, toilet adalah tempat dimana ide-ide brilian itu datang. Itu adalah momen yang sangat syahdu ketika kita di toilet dan mendadak ada aja gitu ide bermunculan. gambar: sumber ide Gue senang memikirkan berbagai ide untuk dijalankan, dan buat gue berkendara adalah momen paling enak untuk memikirkan ide. Bahkan sering banget gue gabut keluar sekedar untuk mendapatkan ide, baik itu untuk kerjaan atau tulisan gue ini. Memikirkan ide memang hal yang menyenangkan, dan menurut gue set

Tips Agar Tidak Ketiduran Saat Naik Kereta

gambar: feel like a boss Buat kalian yang pergi dan pulang kerja naik kereta atau KRL, pasti punya pengalaman setidaknya satu kali pernah ketiduran dan kelewatan dari stasiun tujuan. Gue yakin banget pasti pernah, karena gue sendiri cukup sering kelewatan stasiun tujuan hahaha. Kalau masih jam normal operasional mah enak ya, kelewat masih bisa naik kereta balik. Nah kalau udah jam-jam kritis seperti jam 9 malam gimana hayo? Bisa nginep di stasiun kalian hehe. Disini gue mau berbagi tips agar gak ketiduran nih bro/sis, pantau terus ya. 1. Baca Artikel gambar: baca artikel Buat kalian yang hobi baca, daripada diam saja menunggu stasiun tujuan. Gak ada salahnya sambil membaca artikel, kan banyak banget tuh pilihannya. Mau sport , lifestyle , otomotif dan genre lainnya. Seiring kalian membaca, gak akan terasa stasiun tujuan sudah dekat. 2. Main Games gambar: main games Ini juga kegiatan yang asik dilakukan saat naik krl. Gak akan terasa apabila kalian sambil bermain games , dan pastinya me